Beranda » Artikel » Rafting Sukabumi Citatih

Rafting Sukabumi Citatih

Rafting Sukabumi Citatih merupakan kegiatan rafting atau arung jeram yang dilakukan di sungai Citatih. Sungai ini termasuk salah satu destinasi rafting populer di Sukabumi selain Citarik. Sungai ini memiliki tingkat kesulitan grade I hingga IV sehingga sangat cocok bagi pemula hingga profesional.

Tentang Sungai Citatih
Citatih merupakan salah satu sungai di Sukabumi yang sangat cocok untuk kegiatan arung jeram atau rafting. Citatih memiliki aliran air yang relatif stabil. Aliran air tersebut berasal dari Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak.
Sungai ini memiliki arus yang cukup kuat dan deras, khususnya saat musim penghujan sekitar bulan Desember. Ini disebut sebagai waktu terbaik untuk rafting di Citatih karena jeramnya akan lebih menantang. Di sana juga terdapat PLTA Ubrug yang berfungsi menampung air berlebihan ketika hujan deras.

Paket Rafting Citarik Penginapan

Dengan karakteristik badan sungai yang lebar, bebatuan di sungai ini cukup sedikit dan mudah terlihat. Sungai Citatih juga memiliki kondisi yang masih asri. Menariknya bebatuan di sungai ini juga sudah tertata dengan rapi sehingga pemula pun aman untuk rafting di sana.
Jeram Sungai Citatih
Rafting di sungai ini tidak kalah dengan rafting Citarik karena memiliki banyak jeram yang menantang di sepanjang rutenya. Setidaknya ada 20 jeram yang terkenal di sungai ini di antaranya adalah Jeram Naga, Jeram Coffee, Jeram Kupu-kupu, Jeram Kuku Patah dan Jeram Gigi serta jeram-jeram lainnya yang menanti di sepanjang trip.

Rute Rafting Citatih
Ada beberapa pilihan rute atau jarak tempuh yang dapat dipilih untuk kegiatan Rafting Sukabumi Citatih. Rute yang paling pendek akan menempuh jarak sekitar 4 km, rute sedang menempuh jarak sekitar 9 km, dan rute panjang adalah 13 – 22 km.
Rute di sepanjang 13 km pertama basa disebut adventure trip. Rute tersebut bersifat pull and down. Artinya jeramnya bersifat datar di awal trip, mulai banyak jeram menantang di tengah trip, dan kembali datar menjelang finish.
Sementara itu 9 km sisanya disebut Family Trip. Rute ini sangat cocok untuk pemula atau kegiatan rafting bersama keluarga karena riamnya yang tidak terlalu ekstrem. Namun ketiak debit air sedang besar, rute sepanjang 9 km ini juga dapat berubah menjadi Adventure Trip.

Fasilitas Rafting Citatih
Para peserta yang mengikuti rafting akan dilengkapi dengan atribut keamanan yang berstandar internasional dan didampingi oleh instruktur yang sudah berpengalaman dan bersertifikat.
Selain itu fasilitas pendukung yang tersedia juga tergolong lengkap seperti penginapan, tempat parkir, sarana outbond, warung makan, toilet, kamar mandi bilas, dan sarana ibadah. Secara umum biaya rafting di sini tidak jauh berbeda dengan biaya arung jeram Citarik.
Fasilitas yang tersedia juga berbeda-beda, tergantung dari jenis paket atau yang dipilih. Ada paket 1 hari dan paket 2 hari. Selain itu, pilihan paket juga dibedakan berdasarkan durasi atau track yang ditempuh selama trip. Durasi tersebut biasanya mulai dari 1 jam sampai 3 jam. Ada beberapa fasilitas lain yang dapat ditambahkan ke dalam paket dengan biaya tambahan seperti sarapan, makan, snack, dan kegiatan outbond.

Cara Rafting Aman di Citatih
Untuk melakukan rafting dengan aman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama mengikuti kegiatan tersebut. Pertama, pastikan life jacket atau pelampung terpakai dengan sempurna. Dalam kegiatan rafting, pasti ada potensi terlempar ke dalam air. Jago berenang tidak menjadi jaminan keselamatan di sungai dengan arus deras. Untuk itu, mengenakan pelampung menjadi hal terpenting sebagai alat keselamatan di arus sungai.

Selain jaket, perlengkapan keamanan yang wajib dipakai adalah pelindung kepala atau helm. Helm akan melindungi kepala dari benturan yang mungkin terjadi saat rafting. Instruktur biasanya akan selalu memberikan petunjuk mengenai pemakaian alat keselamatan tersebut. Pastikan helm terpasang sempurna atau tidak kendur.

Ketiga, selalu ikuti petunjuk dari pemandu. Pemandu tersebut akan selalu menemani para peserta sejak proses safety briefing sebelum memulai rafting hingga rafting berakhir. Pastikan untuk selalu mendengarkan instruksi yang diberikan mulai dari cara memakai perlengkapan, teknik mendayung, cara menyelamatkan diri ketika terjatuh, dan bertahan di perahu. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, tentunya Rafting Sukabumi Citatih akan menjadi lebih aman dan tetap nyaman untuk semuanya.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.