Beranda » Artikel » Rafting di Citarik Sukabumi

Rafting di Citarik Sukabumi

Rafting di Citarik Sukabumi jadi pilihan alternatif untuk mengisi liburan di kawasan Jawa Barat. Selain seru dan menguji adrenalin, melakukan rafting juga butuh panduan yang tepat. Tanpa mengikuti prosedur yang benar, rafting bisa jadi aktivitas outdoor yang berbahaya. Kesalahan-kesalahan kecil yang dianggap remeh bisa berakibat fatal untuk Anda dan rombongan. Berikut beberapa kesalahan yang perlu dihindari saat arung jeram di Citarik Sukabumi.

Tidak Menggunakan Atribut Pengaman dengan Benar
Salah satu kesalahan yang dilakukan pemula saat rafting adalah tidak menggunakan atribut pengaman secara benar. Atribut pengaman memiliki fungsi yang krusial dalam aktivitas ekstrim seperti arung jeram. Ada dua atribut pengaman yang harus Anda pakai sebelum mulai rafting, yakni rompi pelampung dan helm. Rompi pelampung yang dipakai harus sesuai dengan ukuran tubuh. Namun, jika kebesaran, Anda bisa menarik tali rompi pada bagian samping agar pas.

Alamat Rafting Citarik Sukabumi

Fungsi rompi pelampung sebagai pelindung untuk diri Anda jika perahu terbalik saat di arus deras. Selain untuk pemula, rompi pelampung juga penting bagi Anda yang sudah profesional. Atribut pengaman lainnya adalah helm yang berguna untuk melindungi kepala dari benturan batu-batu di sungai apabila Anda tercebur ke air. Sebaiknya gunakan helm yang pas di kepala atau tidak terlalu kendor saat arung jeram di Citarik Sukabumi.

Melewatkan Pemanasan
Kesalahan selanjutnya adalah melewatkan pemanasan. Dalam aktivitas arung jeram, pemanasan sangat diperlukan agar otot-otot tubuh menjadi lemas. Pemanasan dapat dilakukan dengan melompat-lompat, jalan di tempat, memutar badan ke kiri dan kanan, menggerak-gerakkan leher, dan lain sebagainya. Dengan melakukan pemanasan, tubuh Anda akan lebih siap menghadapi tantangan selama bermain arung jeram. Pemanasan juga berfungsi untuk menghindari kram dan meminimalkan kemungkinan cedera saat melakukan rafting.

Salah Memilih Alas Kaki
Selanjutnya soal pemilihan alas kaki. Memilih alas kaki untuk rafting tidak bisa Anda lakukan secara asal-asalan. Sandal jepit sangat tidak direkomendasikan untuk rafting. Sebab sandal jepit mudah terlepas dan jatuh ke sungai, sehingga risiko yang ditimbulkan pun lebih besar. Selain kurang aman, sandal jepit kurang nyaman saat dipakai berjalan di dasar sungai. Alas kaki yang tepat untuk aktivitas rafting adalah sepatu olahraga atau sandal gunung. Alas kaki semacam ini tidak mudah terlepas jika perahu terbalik dan Anda jatuh ke sungai. Risiko yang ditimbulkan dari benturan bebatuan pun lebih minim jika menggunakan sepatu olahraga atau sandal gunung saat Rafting di Citarik Sukabumi.

Tidak Mematuhi Aba-aba Instruktur Rafting
Kesalahan lain yang cukup fatal adalah tidak mematuhi aba-aba instruktur rafting. Sebelum memulai arung jeram biasanya dilakukan briefing yang dipandu langsung oleh instruktur rafting. Instruktur akan menjelaskan istilah-istilah yang digunakan untuk memberikan aba-aba. Nah, dalam aktivitas outdoor semacam ini, mematuhi aba-aba yang diberikan oleh instruktur sangatlah penting. Saat instruktur memberi komando untuk maju, pindah tempat, mundur, ataupun berhenti, Anda harus mengikutinya secara kompak agar perahu tetap stabil.

Tidak Peduli Pada Rombongan
Terlepas dari keseruannya, rafting adalah olahraga yang membutuhkan kerja tim. Setiap kelompok harus menghadapi tantangan secara bersama-sama agar perahu yang ditumpangi tetap stabil saat melewati medan yang ekstrim. Bahkan, ketika satu anggota tercebur ke dalam sungai, Anda harus segera melakukan penyelamatan dengan memberitahu instruktur. Bersikap masa bodoh terhadap sesama rombongan dapat menimbulkan akibat yang fatal.

Tergiur dengan Harga Murah
Kesalahan lain yang seharusnya dihindari saat rafting adalah tergiur harga murah. Sebenarnya sah-sah saja jika Anda ingin memilih operator dengan biaya rafting di Citarik Sukabumi yang murah. Namun, Anda perlu mempertimbangkan kualitasnya. Jangan sampai harga murah yang ditawarkan tidak sebanding dengan kualitasnya. Operator rafting yang baik pasti akan menawarkan kualitas terbaik pula untuk peralatan rafting, fasilitas, dan lain sebagainya. Kendati demikian, memilih operator rafting juga harus Anda sesuaikan dengan budget yang ada. Operator Rafting di Citarik Sukabumi biasanya memiliki beberapa paket yang ditawarkan dengan harga berbeda-beda. Jika ingin mendapatkan harga murah, Anda bisa memilih paket standar tanpa mengesampingkan kualitas.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.