Beranda » Artikel » Rafting di Citarik Arus Liar

Alamat Rafting Citarik Sukabumi

Rafting di Citarik Arus Liar jadi pilihan wisatawan untuk menghabiskan hari libur dan mencharge semangat sebelum kembali beraktivitas. Mengikuti aktivitas outdoor semacam ini memang menarik karena bisa berinteraksi dengan alam sekaligus mengasah kerjasama tim. Sebelum memulai rafting, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh peserta. Persiapan tersebut meliputi beberapa hal seperti berikut.

Kondisi Tubuh yang Fit
Salah satu persiapan dalam mengikuti arung jeram Citarik arus liar adalah tubuh dalam kondisi fit. Rafting membutuhkan energi yang lumayan banyak, sehingga kesehatan adalah faktor utama yang harus diperhatikan. Tak hanya arus air yang cukup deras, perjalanan menuju lokasi arung jeram pun lumayan menguras tenaga. Jika tubuh dalam kondisi yang kurang sehat, sebaiknya Anda memulihkan kondisi terlebih dahulu. Terlebih lagi di era new normal seperti sekarang, bepergian dalam kondisi kurang sehat sangat tidak dianjurkan.

Rafting di Citarik Sukabumi

Memilih Operator Rafting yang Tepat
Selanjutnya soal memilih operator rafting. Sebenarnya tidak ada patokan pasti seperti apa operator yang tepat. Sebab, setiap orang memiliki kebutuhan dan preferensi masing-masing. Namun, kualitas bisa Anda jadikan patokan dalam memilih operator rafting. Arung jeram termasuk dalam olahraga ekstrem, sehingga kualitas peralatan adalah aspek utama yang diperhatikan.

Selain kualitas, fasilitas pendukung seperti tempat ganti, pilihan menu makanan, restoran, hingga instruktur rafting juga harus dipertimbangkan. Dalam memilih operator rafting, jangan gampang tergiur harga murah. Sebab yang murah belum tentu memiliki kualitas bagus. Kendati demikian, operator rafting yang mahal pun juga belum tentu memiliki pelayanan dan kualitas yang bagus. Jadi, kembali lagi pada kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Memakai Peralatan Lengkap
Persiapan berikutnya adalah memakai peralatan yang lengkap. Arung jeram Citarik arus liar biasanya menyediakan peralatan rafting yang terdiri dari perahu, pelampung, dayung, dan helm. Instruktur rafting akan menjelaskan secara detail terkait fungsi dan cara memakainya.
Peralatan ini harus Anda pakai untuk melindungi diri saat terjatuh ke air. Dengan menggunakan peralatan yang lengkap, keamanan Anda selama bermain rafting pun lebih terjamin.

Gunakan Pakaian yang Tepat
Persiapan lain yang tak kalah penting adalah menggunakan pakaian yang tepat. Saat arung jeram, gunakan pakaian yang nyaman dan tidak menghalangi pergerakan tubuh, sehingga aktivitas mendayung bisa dilakukan secara leluasa.
Sebagian orang memilih pakaian yang menyerap air untuk arung jeram. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. Sebab stamina tubuh akan lebih cepat terkuras karena tubuh akan menjaga suhu badan agar tetap stabil.

Siapkan Rescue Kit
Selanjutnya adalah menyiapkan rescue kit. Ada beberapa peralatan yang dapat dibawa saat arung jeram Citarik arus liar, salah satunya adalah tas tahan air. Tas tahan air berfungsi untuk menyimpan barang-barang yang Anda bawa agar tidak terkena air. Selain itu, Anda bisa membawa alat navigasi dan lain sebagainya.

Siapkan Obat-obatan
Operator Rafting di Citarik Arus Liar sudah dilengkapi dengan rescue team untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan. Meski begitu, tak ada salahnya Anda menyiapkan obat-obatan pribadi saat mengikuti arung jeram. Terlebih lagi jika Anda memiliki riwayat penyakit. Dengan membawa obat-obatan, Anda tak perlu risau jika terjadi sakit dadakan.

Kenali Operator Rafting yang Dipilih
Persiapan yang tak kalah penting adalah mengenali operator rafting yang dipilih. Di tiap-tiap sungai terdapat lebih dari satu operator rafting. Masing-masing operator memiliki paket dan harga yang berbeda-beda. Setelah melakukan pemesanan secara online, Anda harus mengenali dengan baik operator rafting yang dipilih agar tidak keliru.

Berkomunikasi dengan Instruktur Terkait Kemampuan Self Rescue
Sebelum Rafting di Citarik Arus Liar, sebaiknya komunikasikan kemampuan self rescue Anda dengan instruktur. Salah satunya adalah kemampuan dalam berenang. Jika Anda tidak bisa berenang, jangan sungkan untuk memberitahukan hal tersebut kepada instruktur. Meskipun dianggap sepele, namun poin ini sangatlah penting. Sebab, ada kemungkinan Anda tercebur ke sungai saat berhadapan dengan jeram yang ekstrim.
Sebelum arung jeram, dibutuhkan persiapan yang matang agar aktivitas outdoor ini bisa berjalan dengan lancar dan Anda tetap aman.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.